Tuesday, April 13, 2010

Satpol PP Tidak Manusiawi, Warga Dikeroyok Nyaris Tewas

Makam Mbah Priok Digusur, Korban bentrokan penggusuran makam keramat Mbah Priok di kawasan Jakarta Utara terus berjatuhan. Dari tadi pagi pukul 06.00 WIB, hingga kini aparat Satpol PP terus bertindak brutal terhadap warga yang mempertahankan lahannya.

Tampak dari pantauan Rakyat Merdeka Online, baru saja salah seorang jamaah pengajian makam Mbah Priok yang tertangkap petugas, ditelanjangi dan dipukuli hingga nyaris tewas oleh puluhan petugas Satpol PP. Tak hanya di situ aparat terus melakukan aksi brutal dengan melemparai massa di dalam makam yang kebetulan banyak terdiri dari remaja.

Sedikitnya 20 petugas Satpol PP mengalami luka-luka dan satu orban terkena sabetan golok dirawat di RS Koja Jakarta Utara. Dikabarkan, ada seorang anak remaja ada yang meninggal karena dipukuli petugas Satpol PP.

Saat ini petugas Satpol PP sudah memasuki lahan makam Mbah Priok yang ada di area peti kemas Koja Jakarta Utara. Sekitar 400 orang massa dari jamaah terdesak masuk hingga masuk area makan, namun massa masih terus melakukan perlawanan dengan melempar batu dan molotov.[ald]